Begini Cara Memulai Bisnis Online Kue Basah yang Menguntungkan Banget!

Begini Cara Memulai Bisnis Online Kue Basah yang Menguntungkan Banget!

Saat kamu mendengar kata “kue basah”, perihal apa yang langsung muncul di pikiran kamu? Umumnya, kue basah menjadi cemilan yang kerap dijajakan di pagi hari. Akan tetapi, aneka kue basah tradisional maupun moderen termasuk sanggup kamu dapatkan di sore hari, terutama di bulan Ramadan menjelang waktu berbuka puasa. Kemudian, kue ini termasuk sanggup kamu menikmati di acara atau perayaan tertentu.

Meskipun saat ini ini aneka kue viral banyak dijual, kue basah tetap laku keras di jaman yang semakin moderen ini, lho! Salah satu alasannya adalah pangsa pasarnya yang tetap luas, sanggup dinikmati oleh kalangan tua hingga muda, dan harganya terjangkau.

Berbisnis aneka kue basah saat ini ini nggak harus membuka toko untuk mendapatkan keuntungan. Dengan modal yang minim, kamu sanggup memulai bisnis kue rumahan ini secara online bersama dengan keuntungan yang sanggup lebih besar dari jualan offline. Kira-kira, gimana ya cara memulai bisnis online kue basah?

1. Buat daftar kue basah yang dapat dijual tips jitu jualan online
Kue basah sebenarnya banyak macamnya, baik itu tradisional maupun modern. Jika kamu tertarik untuk terhubung bisnis online ini, ketahui pernah kue apa saja yang inginkan kamu jual. Nggak harus banyak variasi dulu, kamu sanggup menambah variasi kue basah waktu terjun ke bisnis ini bersama dengan memandang beragam permohonan dari pembeli.

Tujuan kamu memicu bisnis kue basah lebih kepada perayaan tertentu, contoh imlek, hari raya idul fitri, pengajian, hari ulang th. kantor, bulan Ramadhan sebagai takjil, hingga tradisi Manyue yang menjadi budaya Tionghoa di dalam menyambut kelahiran anak. Tentunya, kue yang di sajikan termasuk berbeda-beda, dan sanggup kamu bikin di dalam bentuk paket atau tampah.

Kue basah apa saja sih yang sekitar enteng dibikin dan cocok sebagai starter di bisnis online kamu? Misalnya, pukis, onde-onde, dadar gulung, kue lumpur, bolu kukus, risol, pastel, pisang molen, dan tetap banyak aneka kue yang enteng dibikin bersama dengan bahan yang ekonomis.

2. Hitung modal dan biaya operasional Jualan online
Kamu betul-betul menjalani bisnis online kue? Jangan lewatkan untuk menghitung modal dan biaya operasionalnya.

Mudahnya, buatlah rincian di tabel Microsoft Excel. Catat apa saja yang dibutuhkan, jika bahan-bahan dan peralatan memicu kue, biaya pembelian bahan dan alat, biaya karyawan tambahan (jika kamu tidak sanggup mengerjakan sendiri).

Karena bisnis ditunaikan secara online, nggak ketinggalan hitung biaya kuota. Jika kamu punya niat dapat menggunakan iklan seperti FB Ads atau IG Ads, susun perkiraan budget untuk aktivasi iklan di dalam durasi dan jumlah audiens yang ditentukan.

3. Pelajari cara memproses kue basah dan juga ketahanannya
Sebelumnya, kamu udah harus mengetahui kue basah apa saja yang sanggup kamu jual secara online bersama dengan sistem pre-order. Sistem pemesanan ini adalah pelanggan menghubungi toko terutama dulu, lantas mengatakan kapan kue sanggup diantar cocok bersama dengan tanggal perayaan.

Sistem pembelian pre-order sebenarnya cocok untuk bisnis kue basah yang dijual secara online. Kue basah dibikin tanpa menggunakan alat seperti di pabrik, terutama tidak menggunakan pengawet. Maka dari itu, kue basah tradisional maupun moderen membawa jaman kadaluarsa yang lebih cepat. Sehingga, kamu sebagai pengusaha harus mengetahui berapa lama ketahanannya, supaya tetap segar waktu di terima pelanggan.

Lebih mutlak lagi, kamu harus mengetahui cara memicu kue basah itu sendiri untuk mempertahankan citarasa yang lezat supaya terus disukai pelanggan. Kalau inginkan mereka terus repeat order, jangan lupa ciptakan kreasi terhadap kue basah kamu, ya!

Baca juga: 6 Tips Foto Produk untuk Jualan Online supaya Memikat Calon Pembeli

4. Kenali tujuan market
Berjualan kue bersama dengan terhubung lapak offline maupun online cukup tidak serupa dari aspek tujuan market. Agar bisnismu hingga jangka panjang tidak merugi, jangan lupa untuk melakukan riset tujuan pasar.

Misalnya, kamu terhubung bisnis online kue yang dipasarkan melalui tempat sosial. Kamu harus mengetahui siapa kompetitor bisnis cemilan kamu, apa yang mereka jalankan, konten mereka seperti apa, lokasi mana yang sanggup kompetitor jangkau, bagaimana tradisi costumer terkecuali memandang atau memesan kue di Instagram seperti berharap price list dan paket yang tersedia.

Mengenali tujuan pasar sanggup kamu melakukan sambil bisnis berikut berjalan. Menurut Buffer, inilah hal-hal mutlak yang sanggup kamu contek untuk mengetahui informasi perihal pelanggan, menambah value produk dan bisnis, dan juga memicu bisnis kamu semakin kompetitif:

Membuat buyer persona, yakni profil perkiraan calon costumer loyal yang informasinya dibikin secara deskriptif. Buyer persona ini sanggup kamu bikin lebih dari 1 karakteristik pelanggan.
Analisis segala perihal yang dimiliki kompetitor, seperti keunikan kue yang mereka sajikan, dan juga penyajian konten di internet, bagaimana simak pelanggan sebagai konten social proof yang sanggup dipercaya oleh calon costumer nantinya.
Meminta feedback pelanggan bersama dengan menggunakan chat sehabis pembelian terjadi. Bisa termasuk nih untuk simak kue buatanmu juga!

Selain feedback dari pelanggan, bikin survey di dalam bentuk kuesioner yang sanggup disebar ke kelompok atau komunitas bisnis, atau orang-orang sekitarmu yang jika masuk sebagai tujuan pasar.
Manfaatkan fitur polling di Instagram, terkecuali tempat sosial bisnismu udah punyai cukup followers. Riset sanggup ditunaikan di mana saja, sesederhana mungkin.

Buat market research report, semacam laporan atau kesimpulan untuk mengetahui bagaimana pertumbuhan bisnis kamu sejauh ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *