Apa itu Faux Leather? Simak Penjelasan dan Cara Merawatnya

Apa itu Faux Leather? Simak Penjelasan dan Cara Merawatnya

Sederhananya, faux leather adalah kulit sintetis atau imitasi yang terbuat dari bahan lain tetapi diemboss dengan tekstur dan guratan layaknya kulit. Jika bahan dari kulit asli banyak variasi dari kulit sapi, domba, kambing dan binatang lainnya, bahan faux leather umumnya terbagi jadi dua, yaitu yang terbuat dari polyurethane (PU) dan dari Polyvinyl Chloride (PVC-Vinyl).

Selain dari aspek bahan, perbedaan dari PU dan PVC termasuk terdapat terhadap struktur, breathability, dan ketahanan. Faux leather dengan bahan PVC sanggup bertahan hingga seumur hidup, lho, Toppers.

Faux leather kerap jadi material untuk busana dan accessories layaknya tas, dompet dan jaket. Bahan ini termasuk kerap digunakan untuk bahan sofa, kursi, dan perabotan tempat tinggal lainnnya.

Kulit sintetis atau faux leather sanggup jadi alternatif bagi anda yang menyukai tampilan bahan kulit tetapi mempunyai budget terbatas, ataupun untuk anda yang cuma idamkan manfaatkan product yang cruelty-free. Sebab, faux leather tidak manfaatkan kulit binatang asli leather store .

BACA JUGA: OOTD JAKET KULIT WANITA, BOLD DAN STYLISH!

Merawat faux leather itu memang cukup enteng kok, Toppers. Untuk menjaga kebersihannya, anda sesekali sanggup mengelap kulit sintetis dengan kain yang seratnya lembut dan non abrasif yang direndam dengan campuran air dan sabun cair.

Cara ini akan menghilangkan kotoran dan debu yang tersedia terhadap permukaan faux leather. Pastikan tidak tersedia sabun yang tersisa terhadap kulit sintetis tersebut, ya.

Cara Membersihkan Faux Leather
Jika faux leather terkena noda, anda pun tidak wajib cemas Toppers. Sebab, kulit sintetis umumnya stain-resistant dan noda pun sanggup enteng hilang dengan dilap basah. Ingatlah untuk manfaatkan lap yang lembut, ya.

Jika nodanya membandel, anda sanggup merendam kainnya didalam air dan sabun, lantas manfaatkan kain tersebut untuk lap. Jangan lupa untuk memeras lap tersebut terlebih dahulu. Setelah itu, lap dengan kain dengan serat halus yang kering, dan pastikan tidak tersedia sisa sabun terhadap kulit sintetis setelahnya. Biarkan kering dengan cara air dry cross body bags for women .

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan

1. Sinar Matahari

Sinar matahari segera itu tidak baik untuk faux leather, Toppers. Sebab, faux leather sensitif terhadap paparan sinar matahari. Sinar matahari yang berlebih sanggup membawa dampak warna kulit sintetis cepat pudar dan termasuk bahan PU rusak.

2. Perhatikan Produk Pembersih

Topper pun wajib perhatikan sabun atau product pembersih yang digunakan untuk faux leather. Patokannya adalah jikalau sabun tersebut amat keras untuk kulit anda dan anda tidak akan memakainya di kulit kamu, sabun tersebut bisa saja besar termasuk amat keras untuk faux leather.

3. Gunakan Kain yang Halus

Kain Halus
Ingatlah untuk senantiasa manfaatkan kain yang halus untuk mengelap faux leather, Toppers. Jika tersedia noda, jangan digosok. Bukan nodanya yang hilang, malah kulit sintetisnya yang akan rusak.

4. Jangan Biarkan Sisa Sabun

Setelah bersihkan faux leather, pastikan untuk tidak meninggalkan sisa-sisa sabun atau product pembersih lain terhadap faux leather. Kamu sanggup bersihkan sisa product pembersihnya lagi dengan mild detergent.

BACA JUGA: KAIN SUTRA: PENJELASAN DAN CIRI-CIRI YANG PERLU KAMU KETAHUI!

5. Hindari Penggunaan Bleach

Jangan pernah manfaatkan bleach terhadap faux leather kamu, Toppers. Sebab, bleach akan berdampak jelek terhadap struktur dari bahan faux leather.

Jika udah pernah terkena bleach, faux leather akan lebih enteng cracking. Selain itu, jikalau terkena noda, noda tersebut akan menyerap lebih dalam.

6. Beri Jarak Antar Barang

Saat menyimpan barang dengan bahan faux leather, berikanlah jarak dengan barang lainnya ya, Toppers! Sebab, gesekan antara faux leather dan barang lainnya sanggup membawa dampak permukaan kulit faux leather tergores, Toppers.

7. Gunakan Silica Gel

Silica Gel
Supaya faux leather tidak berjamur, taruhlah silica gel waktu menyimpan barang dengan bahan faux leather di didalam kotak.

BACA JUGA: 10 MERK TAS KULIT WANITA YANG TAK MUDAH MENGELUPAS

Itu dia, Toppers, penjelasan dan cara menjaga faux leather. Ternyata tidak sulit ya, Toppers, untuk merawatnya?

Nah, jikalau anda tertarik, tersedia banyak variasi type product dengan bahan faux leather yang sanggup anda dapatkan lho di Tokopedia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *