14 Aplikasi Pembersih Android Terbaik Tahun 2022

Jika Anda menghadapi kelambatan atau kekurangan memori pada perangkat Android Anda, menghapus file sampah dari cache sistem dapat memperbaiki masalah. Tapi bagaimana cara kerjanya?

Dilangsir dari efyei, seiring waktu, perangkat Anda menumpuk banyak riwayat browser, iklan, pemberitahuan, file sementara di cache sistem. Semakin banyak file sampah, semakin lambat perangkat Anda. Menghapus aplikasi yang tidak digunakan dan menghapus file yang tertinggal ini dapat mengosongkan banyak ruang penyimpanan dan membuat perangkat Anda berjalan lebih cepat.

Meskipun ada banyak aplikasi yang menghapus file sampah dan menyediakan sejumlah utilitas lain, kebanyakan dari mereka tidak aman dan dipenuhi dengan iklan dan malware yang mengganggu.

Di bawah ini, kami telah membuat daftar aplikasi pembersih android terbaik yang dapat Anda andalkan untuk membersihkan perangkat Anda dan kembali seperti semula dan cepat. Mereka semua aman dan dapat diandalkan. 

14. Pembersih Telepon

Ini adalah aplikasi sederhana dan luar biasa untuk menyelesaikan pekerjaan dalam hitungan detik. Pembersih Telepon dikemas dengan tiga alat: Pembersih sampah, Manajer aplikasi, dan Penguat telepon.

Itu dapat menganalisis perangkat Anda untuk menghapus cache, sisa, aplikasi usang, dan file sementara. Dengan Manajer aplikasi, Anda dapat dengan mudah mengontrol aplikasi dan menghapus aplikasi besar dan jarang digunakan untuk menghemat lebih banyak ruang. Ini juga memiliki fitur kunci aplikasi untuk mengunci aplikasi yang berisi data sensitif.

13. Super Clean

Super Clean lebih dari sekadar aplikasi penghapus cache. Muncul dengan beberapa alat yang berguna, seperti pembersih notifikasi, pendinginan CPU, manajer aplikasi, penghemat baterai, antivirus, dan kunci aplikasi.

Hanya dengan satu ketukan, Anda dapat menghapus file sampah yang menghabiskan memori dan ruang penyimpanan Anda. Ada opsi untuk menghapus duplikat gambar, dokumen, musik, dan aplikasi yang tidak perlu untuk mengosongkan ruang ekstra. Anda juga dapat menganalisis penggunaan baterai, dan dengan cepat menemukan aplikasi yang menguras baterai.

12. Norton Clean

Dibuat oleh penyedia perangkat lunak keamanan siber, Norton Clean mengidentifikasi dan menghapus sampah, APK, dan file sisa untuk mengoptimalkan ruang memori. Perusahaan telah menganalisis perilaku jutaan aplikasi sehingga dapat membersihkan file sampah secara efektif dengan akurasi luar biasa.

Ini memungkinkan Anda untuk mengelola aplikasi dan menyingkirkan bloatware. Anda dapat membersihkan data cache untuk masing-masing aplikasi dan memindahkannya ke kartu memori SD Anda.

11. Pembersih Systweak Untuk Android

Aplikasi ini dikemas dengan beberapa modul yang mengoptimalkan dan meningkatkan kinerja perangkat Anda dengan berbagai cara. Diantaranya adalah pembersih file sampah, penghapus file duplikat, penghemat baterai, dan booster on-tap.

Selain membersihkan data cache, aplikasi ini juga meningkatkan pengalaman bermain game Anda dengan menutup proses latar belakang yang tidak perlu dan mengosongkan RAM. Selain itu, ada modul Whatsapp unik yang memungkinkan Anda mengelola semua media Whatsapp di satu tempat.

10. Fast Booster

Fast Booster adalah aplikasi pembersihan lengkap untuk memaksimalkan kinerja perangkat Anda. Itu dikemas dengan pembersih super cepat, master baterai canggih, pendingin perangkat, dan penguat sinyal.

Dengan satu ketukan, Anda dapat mendinginkan suhu perangkat, mengurangi penggunaan CPU dan RAM, serta meningkatkan masa pakai baterai. Dibandingkan dengan aplikasi lain, ini cukup cepat, tetapi Anda mungkin menemukan lebih banyak iklan daripada biasanya.

9. Pembersih 1 Ketuk

Jika Anda mencari sesuatu yang sederhana dan lugas, Anda tidak bisa salah dengan 1Tap Cleaner. Ini memungkinkan Anda untuk membersihkan cache, riwayat pencarian, log panggilan/teks, dan pengaturan sistem default dengan satu sentuhan.

Ini juga menyediakan opsi untuk menghapus file sampah dari kartu SD, dan widget layar beranda yang menunjukkan cache dan ukuran yang tersedia. Secara keseluruhan, aplikasi ini berguna untuk semua orang yang memiliki masalah manajemen memori.

8. SD Maid

SD Maid adalah aplikasi mendalam yang secara khusus berfokus pada penghapusan file yang tersembunyi di perangkat Anda untuk waktu yang lama. Hal ini memungkinkan Anda untuk menelusuri seluruh perangkat Anda dan memodifikasi file melalui file explorer lengkap.

Anda dapat menemukan file lama yang dibuat oleh aplikasi yang dihapus, mengoptimalkan database, dan mendapatkan gambaran rinci tentang penyimpanan perangkat Anda. Aplikasi ini mampu menghapus duplikat gambar, dokumen, dan musik, terlepas dari nama dan lokasinya.

7. Pembersih Telepon Antivirus Utama

Pembersih Telepon membuat perangkat Anda berjalan lebih cepat dan lancar dengan menerapkan dua mekanisme: pembersihan sampah dan keamanan. Yang pertama berurusan dengan cache dan memori untuk meningkatkan kinerja perangkat, sedangkan yang kedua menjaga privasi Anda dan menjaga file Anda aman dari malware.

Aplikasi ini memberikan perlindungan waktu nyata terhadap virus dan browser aman yang melindungi riwayat penelusuran dan privasi. Ia bahkan dapat mendeteksi WiFi palsu dan koneksi yang tidak sah.

6. AVG Cleaner

AVG Cleaner adalah pengelola cerdas dan alat pengoptimalan yang membuat perangkat Anda lebih cepat dan lancar dengan membersihkan file sampah dan mengosongkan lebih banyak ruang. Antarmuka yang sederhana dan bersih memungkinkan Anda menganalisis aplikasi apa yang menggunakan lebih banyak sumber daya CPU dan menghabiskan lebih banyak baterai.

Ini seperti aplikasi plug-and-play: cukup instal dan itu akan mengurus semuanya dengan begitu banyak alat utilitas tambahan. Misalnya, RAM dan pembersih cache meningkatkan kinerja, Pengoptimal baterai  meningkatkan masa pakai baterai perangkat hingga 2-3 jam. Ada juga fitur quick boost untuk membersihkan perangkat Anda dengan satu ketukan tombol.

5. Droid Optimizer

Droid Optimizer meningkatkan perangkat Anda dan membebaskan memori dengan mengklik tombol. Untuk membuat proses ini menarik, aplikasi ini menawarkan ‘sistem peringkat’, yang memberi Anda poin setiap kali Anda membersihkan data cache. Itu dapat menonaktifkan fitur seperti konektivitas seluler atau WLAN selama periode yang telah ditentukan untuk memperpanjang masa pakai baterai perangkat.

Statistik (ruang kosong, RAM, dan skor peringkat) ditampilkan di bagian atas layar. Dan ya, itu memang datang dengan tema gelap.

4. Avast Cleanup

Avast Cleanup adalah aplikasi pembersih cache dan sampah yang sangat efisien yang secara otomatis menghapus file yang tidak perlu, termasuk data sisa sementara. Ini memiliki antarmuka yang sederhana di mana Anda dapat melihat aplikasi mana yang menggunakan paling banyak ruang dan mana yang tidak lagi digunakan.

Aplikasi ini juga mampu mendeteksi dan menghapus foto berkualitas buruk, atau dapat mengoptimalkannya untuk menghemat ruang. Dengan versi premium ($70/tahun), Anda dapat menyesuaikan penggunaan baterai secara otomatis dan menjadwalkan pembersihan rutin yang tidak akan mengganggu Anda.

3. Kotak Alat All-In-One

Seperti namanya, aplikasi ini dilengkapi dengan beberapa alat praktis untuk meningkatkan kinerja perangkat. Ini termasuk pembersih sampah, penghapus riwayat, pengoptimal memori, pendingin CPU, pengelola aplikasi, pengoptimal baterai, peluncur mini, dan banyak lagi.

Aplikasi ini kompatibel dengan banyak plug-in seperti game booster, kunci aplikasi, kelola notifikasi, dan pengaturan volume. Selain membebaskan sumber daya CPU, ini dapat membuat perangkat Anda mulai lebih cepat dengan memblokir aplikasi yang tidak diinginkan selama booting.

2.Files by Google

Files by Google adalah aplikasi pembersih perangkat tepercaya yang membantu Anda menemukan file, mengosongkan ruang penyimpanan, dan mencadangkan file ke cloud. Ini secara teratur meminta Anda untuk menghapus file sampah atau sementara untuk mengoptimalkan kinerja perangkat.

Aplikasi ini memberikan rekomendasi yang berguna tentang file mana yang harus Anda hapus. Semakin sering Anda menggunakan fitur ini, semakin pintar. Manajer file bawaan memungkinkan Anda untuk menavigasi melalui kategori dan filter, berbagi file tanpa koneksi internet, dan hanya mentransfer file besar ke kartu SD.

Berbagi file offline dijamin dengan enkripsi WPA2, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang privasi dan keamanan. Jika Anda ingin menyimpan file selamanya, pilih dari menu File dan cadangkan ke Google Drive.

1.CC cleaner

Dengan lebih dari 50 juta unduhan di PlayStore, CCleaner adalah salah satu aplikasi peningkat performa terbaik. Ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan yang memungkinkan Anda mengoptimalkan perangkat Anda hanya dalam beberapa klik.

Anda tidak hanya dapat membersihkan file usang dan sisa, tetapi juga menganalisis dan mengoptimalkan ruang penyimpanan dengan menginstal beberapa aplikasi yang tidak diinginkan dengan cepat. Ada fitur App Hibernation untuk menghentikan aplikasi agar tidak berjalan di latar belakang dan fitur App Stats untuk menentukan dampak masing-masing aplikasi pada perangkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *