Ingin Menghapus File yang Tidak Perlu di Ponsel Android Anda? 5 Pilihan Yang Harus Kamu Coba

Apakah smartphone Android Anda menjadi lamban, glitchy, atau berkinerja buruk secara umum? Bisa dibayangkan gadget Anda hampir habis kapasitas penyimpanannya. Banyak dari kita kehabisan ruang penyimpanan dengan semua gambar dan film yang kita ambil. Dan itu sepertinya selalu terjadi pada saat yang paling tidak menyenangkan – langkah pertama bayi, pertemuan selebriti, atau kejenakaan hewan peliharaan yang lucu.

Tidak ada bedanya jika ponsel Android Anda memiliki kapasitas yang dapat diperluas melalui kartu microSD; Anda menggunakan ruang apa pun yang Anda alokasikan, apakah itu 32GB atau 200GB. Berikut adalah beberapa metode sederhana untuk mengosongkan ruang di ponsel Android Anda.

Hapus cache: Sebagian besar aplikasi Android menggunakan data yang disimpan – atau di-cache – untuk memberikan pengalaman yang lebih kaya. Data yang disimpan dalam cache dapat menghemat waktu (dan data), namun, file yang disimpan dalam cache aplikasi hanya untuk kenyamanan dan tidak selalu diperlukan. Jika Anda perlu segera mengosongkan ruang di ponsel, cache aplikasi harus menjadi pemberhentian pertama Anda.

Untuk menghapus data yang di-cache dari satu aplikasi, navigasikan ke Pengaturan > Aplikasi > Manajer Aplikasi dan pilih aplikasi yang akan dimodifikasi. Untuk menghapus cache aplikasi, buka menu Detail aplikasi aplikasi, sentuh Storage, lalu tekan Clear Cache. Buka Pengaturan> Penyimpanan dan tekan Data cache untuk menghapus data cache dari semua aplikasi.

Hapus semua lampiran email yang kedaluwarsa atau file yang diunduh: Meskipun nyaman untuk dapat melihat dokumen yang dilampirkan ke email dan melihat foto di aplikasi obrolan Anda, Anda tidak harus selalu menyimpannya. File usang ini mudah ditemukan dan dihapus.

Buka baki aplikasi Anda di Android dan navigasikan ke folder Unduhan. Untuk menghapus file, ketuk dan tahan, lalu pilih Hapus.

Bersihkan sampah secara teratur dengan Files by Google: Dengan beberapa klik, Files by Google memeriksa perangkat Anda dan memberikan rekomendasi untuk mengosongkan ruang penyimpanan di ponsel Anda. Program ini juga membantu Anda menjaga perangkat tetap rapi dengan memberikan peringatan dari waktu ke waktu untuk menghapus file sampah atau file sementara yang memperlambat kinerja ponsel Anda.

Cadangkan Data Anda ke Cloud: Menggunakan layanan cloud untuk menyimpan data Anda dapat membantu Anda menghemat banyak ruang. Anda dapat menghapus data dari perangkat setelah mencadangkannya ke cloud. Google Drive, yang dilengkapi dengan ruang kosong 15GB, adalah pilihan logis untuk pengguna Android. Selain Google, berikut ini adalah beberapa layanan penyimpanan cloud paling populer:

  • Dropbox: Akun gratis memiliki kapasitas penyimpanan 2GB.
  • OneDrive adalah tingkat pertama, dengan penyimpanan gratis 5GB.

Klik tombol ‘Kosongkan Ruang’: Buka Pengaturan > Pemeliharaan Perangkat > Penyimpanan. Harap diingat bahwa pada beberapa ponsel Android, “Perawatan Perangkat” dapat diganti dengan “Perawatan Perangkat”. Anda akan melihat tombol yang bertuliskan “Kosongkan ruang penyimpanan” atau “Kosongkan ruang”. Saat Anda mengetuknya, ponsel Anda akan memulai proses menghasilkan ruang penyimpanan ekstra. Ini menyelesaikan ini dengan menghapus file yang telah Anda buat cadangannya.

Untuk informasi lebih lengkap kami juga Membagikan Tutorial, Tips Dan Trik yang lainnya untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *